Home » Mesjid Jamik

Mesjid Jamik


MASJID JAMIKMasjid Jamik merupakan salah satu masjid bersejarah yang ada di Kota Medan, yang terletak di Jalan Taruma (Simpang Jalan Kejaksaan) Medan. Bangunannya masih sangat sederhana. Masjid yang berdiri sejak tahun 1887 ini berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 5.407 m2 yang di wakafkan Sultan Makmun Al Rasyid. Namun, lama kelamaan luas tanah tersebut berkurang dan dikuasai oleh warga yang dahulunya merupakan penjaga atau pengurus masjid. Sekarang yang menguasai tanah ini adalah generasi ketiga atau keempat.

Untuk mengingatkan generasi muda terhadap tradisi leluhur, anggota Yayasan The South Indian Moslem Mosque dan Walfare Committee, setiap tahun, selesai memperingati 1 Muharram selalu menyajikan makanan khas leluhurnya seperti dalca, kari kambing, nasi, kurma.

Pada momen-momen tertentu seperti Ramadhan, Yayasan The South indian Muslim Mosque juga menyediakan nasi briani, yang menjadi salah satu masakan khas India. Nasi briani adalah nasi yang berwarna kuning seperti halnya nasi tumpeng pada kebudayaan Jawa, namun nasi briani dicampur daging kambing yang dipotong-potong dengan ukuran besar.

Scroll To Top