Home » JEMBATAN KEBAJIKAN

JEMBATAN KEBAJIKAN


JEMBATAN KEBAJIKAN O (5)Jembatan Kebajikan yang terletak di JL.HZ.Arifin . Jembatan ini dibangun pada tahun 1916 , untuk mengenang jasa Tjong Yong Hian, seorang saudagar dan tokoh etnis Tionghoa yang berjaya di era kedudukan Hindia Belanda,

Tjong Yong Hian (1850-1911) merupakan abang kangdung Tjong A Fie yang sukses membangun bisnis perkebunan di Tanah Deli. Kesuksesan membuat Tjong Yong Hian , memiliki hubungan dekat dengan Sultan Deli dan Pemerintah Hindia Belanda. Tjong Yong Hian kemudian diangkat sebagai “Kapitan Tionghoa”. Setelah Tjong Yong Hian wafat, jabatan “Kapitan Tionghoa” kemudian dilanjutkan oleh Tjong A Fie. Itu sebabnya, kedua tokoh ini tidak terlepas dari sejarah, masuknya masyarakat etnis Tionghoa ke Tanah Deli.

Pada tahun 2003 jembatan kebajikan mendapat penghargan dari UNESCO (Asia Pacifik Heritage) Award Of Merit Virtuous Bridge Medan Indonesia sebagai jembatan yang masuk dalam konservasi warisan budaya.

Adapun makna dari dinamakan jembatan Kebajikan karena semasa Tjong Yong Hian dan Tjong A Fie masih hidup telah terjalin suatu hubungan yang harmonis antara Melayu, Tionghoa, India dan Belanda (Eropah). Hal ini menandakan bahwa Tanah Deli (Medan) hingga kini adalah suatu kota yang dinamis dan terbuka bagi siapa saja sehingga tidak mengherankan telah hidup masyarakat yang hidup multietnik dengan masing-masing kultur dan bahasa.

JEMBATAN KEBAJIKAN O (3) JEMBATAN KEBAJIKAN O (4)

Scroll To Top