Home » GKI SUMUT MEDAN

GKI SUMUT MEDAN


GEREJA gki SUMUT (2)Gereja GKI Sumut Medan di Indonesia Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sumut Jalan K.H.Zainul Arifin No.124–126 merupakan salah satu gereja tertua di Medan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Gereja ini tumbuh dari kelompok yang terdiri dari beberapa orang anggota gereja yang disebut dengan Gereformeerd Kwitang Jakarta.

Awalnya gereja ini bernama Gereformeerd Sumut yang memulai kelompok pelayanan sejak 1 Januari 1904 dan terus berkembang. Pada rapat jemaat pertama dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 1915 ditegaskan bahwa pendeta dan pembinaan jemaat dilaksanakan oleh Ds WS de Haas sebagai pendeta utusan.

Di tahun 1930 Gereja Gereformeerd Medan ini mengadakan pelayanan berbahasa Indonesia / Jawa. Namun pada masa tahun 1957, Gereja Gereformeerd Medan berbahasa Belanda ditutup dan pengelolaan diteruskan sepenuhnya oleh Gereja Gereformeerd Medan berbahasa Indonesia / Jawa. Pelayanan dengan menjalin kerjasama dengan Ds KLF Le Grand yang diutus ke Medan tahun 1962 sebagai tenaga pengkaderan. Sejak tahun 1962 pelayanan kebaktian dilaksanakan di Jalan K.H.Zainul Arifin, dulunya disebut Jalan Palang Merah.

GEREJA gki SUMUT (3) GEREJA gki SUMUT (4)

Scroll To Top