Home » KUIL SHRI MARIAMMAN

KUIL SHRI MARIAMMAN


KUIL SHRI MARIAMMAN (02)Kuil Shri Mariamman merupakan kuil Hindu tertua di kota Medan. Kuil yang berada di kawasan Kampung Keling (Little India), kelurahan Petisah Tengah, dekat sungai ini dibangun pada tahun 1881 oleh penduduk Tamil, India, sebagai bentuk penghormatan dan pemujaan kepada Dewi Kali.

Bangunan kuil ini mirip dengan kuil Hindu Shri Mariamman yang ada di Singapura dan Penang, Malaysia. Arsitekturnya dipengaruhi kebudayaan India, seperti terlihat pada hiasan gopuram (gapura) berwarna hijau yang ada di pintu gerbang kuil. Di samping itu, di atas pintu gerbang kuil, ada tulisan “Perhimpunan Shri Mariamman Medan, Shri Mariamman Kuil” dan dua buah gambar malaikat yang sedang membawa kalung bunga yang besar, sedangkan di atas kuil, ada sebuah patung gajah sebagai perlambang hewan suci dalam kepercayaan Hindu.

Tiang dan lantai kuil terbuat dari marmer dan dilapisi karpet hijau. Di langit-langit kuil tergantung hiasan beberapa lampu mewah. Di dalam kuil ini, terdapat tiga ruang utama tempat untuk berdoa. Di dalamnya, terdapat tiang kayu berwarna coklat yang berdiri tegak di atas semen persegi empat. Dan di sekeliling ruangan kuil terdapat gambar dan patung para Dewa, seperti Dewa Ganesha, Wisnu, Siwa, Dewi Kali (Durga), dan Dewi Aman.

KUIL SHRI MARIAMMAN (01) KUIL SHRI MARIAMMAN (3) KUIL SHRI MARIAMMAN (5)

Scroll To Top